Mukadimah: MEROBEK SELUBUNG DELUSI

Juguran Syafaat Mei 2024

Dalam kehidupan yang serba kompleks, penuh dengan ketidakpastian, dan laju perkembangan zaman yang demikian cepat ini, seringkali kita terjebak dalam selubung delusi yang diciptakan oleh harapan, ketakutan, dan kenyataan yang kita bangun sendiri maupun yang sudah secara turun-temurun terwarisi. Delusi ini dapat berbentuk keyakinan tak berdasar common sense, harapan yang tidak realistis, pemahaman yang keliru tentang kehidupan, atau bahkan mungkin keliru dalam memahami diri kita sendiri. Selubung delusi ini tentu dapat berakibat pada semakin terbatasnya pikiran kita, menghalangi pandangan untuk dapat melihat kebenaran dengan jernih sehingga sulit memahami realitas secara utuh.

Merobek Selubung Delusi” adalah upaya untuk membuka pikiran kita terhadap hal-hal yang mungkin telah lama tersembunyi di balik tirai keyakinan yang tidak akurat. Pada tema kali ini, kita akan mengeksplorasi berbagai bentuk delusi yang sering kita hadapi, baik dalam ranah pribadi, maupun kolektif. Bersama-sama mencoba memahami bagaimana delusi terbentuk, bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku kita sehari-hari, serta memformulasi cara untuk merobek dan melepaskan diri dari selubung delusi.

Dengan harapan masing-masing dapat membangun kerangka berpikir yang lebih kokoh agar lebih berpeluang mencapai keputusan yang lebih akurat dan semoga dapat melahirkan kebijaksanaan yang lebih dalam. Maka, di Juguran Syafaat edisi 134 ini, kita bersama-sama berkumpul lagi, merobek selubung delusi, menemukan yang esensi lalu mengaktivasinya kembali.

Previous Article