Balai Desa Karanggintung, Sumbang, Banyumas
22 November 2021
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Terima kasih teman-teman semua yang menginsiatifi perintisan Desa Mandiri Internet. Nanti kita akan mengupas segala kemungkinannya di acara Sinau Bareng.
Jadi yang pertama, wong urip iki ndelok opo-opo nek iso sing jangkep, nek ndelok uwoh kudu ngerti godhonge, kudu merhatekke kembange, rantinge, uwite sak oyode sak lemaeh. Lemah karo bumi kan bedo. Lemah kuwi berkait dengan bumi yang besar. Nek wis tekan bumi kuwi berarti ono wulan, ono srengege, ono galaksi dan seterusnya.
Jadi kita befikirnya selalu berkait-kait, jangan sampai berfikir fokus itu kowe melihat sesuatu tidak melihat kiri-kanannya atau latar belakangnya.
Ketika saya didatangi temen-temen ke Jogja kemarin. Terus bilang kepada saya untuk bersama sama kita resmikan desa mandiri internet. Saya mikire langsung iki opo yo? Saya terus teringat Kanjeng Nabi: Iki sing jenenge fathonah.
Jadi fathonah itu terjadi kalau, itu kan empat ya: sidhiq, amanah, tabligh, fathonah, itu ora dhewe-dhewe. Jadi ora ono uwoh nek ora kembang ndisik, Kembange ya ora metu nek godhonge ora mendukung.
Jadi fathonah itu adalah hasil terakhir dari disiplinnya Rasulullah dengan watak atau mental sidhiq sehingga Beliau amanah secara sosial, sehingga Beliau punya kompetensi untuk tablig. Terus hasilnya pasti fathonah.
Jadi, rintisan desa mandiri internet ini pasti berasal dari sidhiq, pasti berasal dari kesunggguh sungguhan, jadi pasti ada satu kelompok masyarakat sing tenanan. Nganti pak lurahe, pak camate kabeh tenanan.
Sidhiq itu selama ini di artikan oleh para ulama sebagai jujur. Jujur itu outputnya, ibarat entut iku ambune dudu entute. Nah sidhiq itu artinya tenanan, dadi Bupati tenanan, dadi lurah tenanan, dadi pengusaha tenanan, dadi wong Islam tenanan.
Dari tenanan itu akan menghasilkan amanah. Nek kacang tenanan kacang yo kowe iso payu sebagai kacang, nek pitik tenanan pitik mengko dibeleh sebagai pitik. Jadi kita itu akan bermanfaat dan berfungsi kalau kita sungguh-sungguh menjadi yang ditugaskan kepada kita. Nek kene dadi menungso yo ojo njur ngewan, ojo njur malaikat. Nek menungso yo menungso, ora malikat, ora jin, ora sing bedo-bedo.
Menurut saya desa mandiri internet ini adalah salah satu hidayah Allah yang berupa fathonah kepada masyarakat Banyumas. Karena di seluruh dunia yo lagi ono siji iki, dadi iku nek ora fathonah yo ora mungkin, neng Amerika ora ono neng Rusia ya ora ono, neng planet ndi ndi ya ora ono. Onone ning banyumas, onone ning Desa Karanggintung.
Jadi, saya kesini ini dengan perasaan bersyukur kepada Allah, seneng ndelok Banyumas, karo bangga ndelok konco-konco sing nggawe desa mandiri internet. Saya bangga. Bangga artinya ada sesuatu yang membuat saya tidak sekedar seneng, tapi ono mongkog-e, ada plus-nya.
Jadi ini adalah fathonah. Itu berarti sejak awal Pak Luraeh, masyarakat desane, karo konco-konco sing nggawe iki mesti wong tenanan. Tenanan mesti jujur. Nek ora jujur ora tenanan berarti.
Tenanan dengan jujur menghasilkan dipercoyo uwong, amanah. Maka pesan Pak Bupati sangat bagus, tolong amanah keuangannya dijaga.
Nek njenengan nyicuk banyu memakai tangan, airnya bocor-bocor, kalau Kanjeng Nabi tidak. Makanya Beliau orang yang sangat amanah. Utuh. Itu secara fisik seperti itu, secara simbolik.
Kanjeng Nabi ngurusi opo-opo ora ono sing keteter, ora ono sing ketelingsut, ora ono sing keri. Nek Kanjeng Nabi ngendiko pokoke ning ndunyo iku ono barang sing jenenge wajib, ono sing sunah, ono sing mubah, ono sing makruh, ono sing harom. Liyane wis ora ono. Semua hal dalam kehidupan ini mencakup lima hal itu.
Misale Pak Bupati iki dia punya kualitas wajib di hatinya orang Banyumas, dadi nek bupati nganti ganti nangis mengko iku, ojo nganti wis kae wae ojo liane, kan berati beliau punya kualitas dan mutu wajib.
Nek mutunya sunnah itu yo nek iso kae, Pak Bupati kalau bisa dia lagi, nek ora iso yo piye meneh wong jenege wong urip, iku sunnah.
Nek Bupati ngisore kui, arep kae yo ben ora kae yo ben. Ono ra ono ora masalah. Nek iso ojo dadi menungso koyo ngono kuwi. Nek iso dadio wong sing ditangisi wong liyo nek njenengan ora ono. Apa pemimpin, atau anggota masyarakat kalau bisa kualitasnya kualitas wajib. Ojo nganti ora ono wong kae , kae top tenanan, nek ana kae top tenang uripku.
Nah ojo nganti dadi manusia makruh, makruh iku yo jelas toh, ojo kae Bupati mbok nggolet wong liyo sing leweih nggenah. Kalau ada pikiran seperti itu di masyarakat berarti Bupati itu makruh.
Nek diemohi tenan berarti Bupati haram. Moh aku, moh tenan nek kae bupatine, cingker bungker mati ngadeg moh, itu berarti dia mempunyai kualitas haram.
Jadi mari kita menjadi manusia yang wajib. Manusia sing dieman karo wong, manusia sing nek kelangan awake dewek do nangis. Dalam posisi apapun.
Nah, menurut saya desa mandiri internet ini kualitasnya tidak hanya sunnah, kualitsnya sudah wajib. Jadi nek ora ono desa mandiri internet, suk suk gela banget kowe iki, mulane saiki mergo wis mulai ono, wis arep diresmekke, ayo dijoogo bareng-bareng, kanti amanah kanti sidhiq.
Desa mandiri internet ini kan sebuah tema. Kabeh opo wae neng urip kuwi kan tetep ono manfaate ono mudharate. Bisa harapan, bisa ancaman. Atau unsur harapannya apa saja, unsur ancamannya apa saja, itu harus kita fahami. Maslahatnya apa saja, mudharatnya apa saja harus kita fahami semua, kalau nggak nanti kita keselimpet di tengah jalan terntyata mudharatnya tidak bis akita atasi.
Tapi intinya adalah menurut saya ini kan revolusi keempat. Bangkitnya dunia dimulai dari revolusi Prancis zamannya Renaisance abad 16-18 diteruskan di Italia dan seterusnya. Itu Namanya revolusi pengetahuan. Orang Barat menganggap itu revolusi pencerahan.
Kalau menurut saya terbalik, iku dudu pencerahan, itu merenggut manusia dari Gusti Allah. Karena sejak itulah menungsa wis ora nganggep Gusti Allah. Manusia itu menjadi pemimpin dunia dan menguasai dunia.
Jadi hubungane karo wit-witan adalah menguasai, terhadap hewan juga demikian, bukan Kerjasama sesama makhluk Tuhan.
Kalau di Maiyah kan kewan kuwi kangmasmu, wit-witan kuwi kangmasmu. Itu saudara kita bersama, kita harus bekerjasama, tidak boleh mengeksploitasi alam.
Nah, Indonesia ini sejak lahir sampai reformasi kan mengeksploitasi alam. Hutan dihabisi, dan seterusnya. Itu karena kita ikut Renaisance. Kemudian diresmikan pada revolusi kedua yang namaya globalisasi. Kemudian revolusi IT, revolusi informasi dan komunikasi. Sekarang ini kita memasuki untuk menjelang revolusi berikutnya yaitu pembutaan informasi dan komunikasi.
Jadi, ojo lali yo, iki nandur internet iki apik untuk suatu hal tapi juga mengancam hal lainnya. Pokoknya aku njaluk maring konco-konco Juguran Syafaat yang mengawal ini untuk sinambi nyinauni opo wae kira kira hal-hal sing ojo nganti awake dhewe kecolongan. hubungannya tentu saja dengan kemasyarakatan dengan atine wong, kelakuane wong, akhlake wong, dan seterusnya.
Karena revolusi ketiga komunikasi ini kan merusak silaturrahmi. Ora iso ngomong bener sampai-sampai saya sejak awal ada medsos iku aku emoh. Jadi sampean tidak bisa menemukan twitter saya, facebook saya.
Facebook sedang ganti nama menjadi Meta. Dan itu akan lebih dahsyat. Iso lewih nyamleng, nanging iso lewih nyilakaake.
Tetapi harap kita hitung bersama-sama nanti tolong Juguran Syafaat sama Bapak-Bapak pemimpin di desa ini, termasuk ke Pak Bupati juga selalu dinamis melaporkan dan mempertimbangkan langkah-langkah berikutnya karena iki katoke ampuh ning ati-ati lho yo iki, iki ono cilakane, ono Memolo-memolone. Jadi ini adalah harapan tetapi juga ancaman. Urip yo ngono kui.
Saiki njenegan setiap kali hadir teknologi itu akan berfungsi ganda pada manusia. Mbiyen durung ono motor, ngepit 10 km ora masalah. Saiki jumatan 200 meter nganggo motor. Wis wegah mlaku, wegah ngepit.
Jadi teknologi memanjakan kita. Jaman mbiyen handphone awal-awal 90-an itu belum ada smartphon. Baru ada provider terbatas, 2G. Sekarang sudah 5G.
Jaman mbiyen ono handphone wis apik. Saiki nek koe nggawa handphone jadul utawa nganggo smartphone tapi ram nya masih 2 GB, merasa ketinggalan. Karena kita itu mentalnya sudah berubah sudah lebih manja, telpon itu memanjakan kita.
Jadi bapak ibu sekalian, intinya adalah ayo bersyukur lan seneng neng yo waspodo. Karena waspodo iku Bahasa Arabnya Taqwa. Taqwa itu bukan wedi. Nek wedi, takut kepada Allah itu khauf atau yakhsa. Jadi misalnya ulama itu cirinya menurut Allah adalah wong sing wedi marang Gusti Allah, dudu sing pinter agama.
Pintero kayangopo agama ceramahe apik tenan ning nek kelakuane ketoke ora wedi karo Gusti Alloh dudu ulama menurut Allah.
Maka saya menterjemahkan taqwa itu adalah waspodo. Waspodo uripmu, ono Allah, ono malaikat, ono iblis, waspodo terus. Nek kowe ngene, iso akibat ngono ngono, waspodo terus.
Begitu ya bapak ibu sekalian. Saya doakan mudah-mudahan kalau ada yang tidak cukup di dalam proses desa mandiri internet ini mudah-mudahan Allah yang akan mencukupi. Karena semuanya orang ikhlas, semuanya orang sidhiq, amanah, mudah-mudahan tabligh dan mendapat fathonah.
Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wani’mannasiir 4x. Itu ucapan yg diajarakan oleh allah sendiri di dalam surat Ali Imran. Cukup Gusti Allah sing mengatasi segala sesuatunya. Semoga semuanya menjadi maslahat.
Wassalamu’alaykum warrahmatullahi wabarakatuh.
Verbatim: Agus Ginanjar