Mukadimah: KURIKULUM DIRI SENDIRI

Mukadimah Juguran Syafaat Januari 2020

Alasan pertama kita harus membuat kurikulum belajar sendiri adalah karena pendidikan yang ada orientasinya adalah manusia untuk Industri, sedangkan hidup kita tidak selesai di Industri, masih sambung terus sampai akhirat nanti. Di mana kita belajar tentang sambungan hidup yang panjang itu, kalau tidak kita menyusun kurikulumnya sendiri?

Alasan kedua kita harus membuat kurikulum belajar sendiri adalah karena tidak ada yang lebih tahu tentang bakat khas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki selain diri sendiri. Mengikuti cara belajar orang lain yang modalitas belajarnya berbeda dan curiousity-nya berbeda hanya membuat kita belajar dengan kepunthal-punthal saja.

Alasan ketiga kita harus membuat kurikulum belajar sendiri adalah karena ketika kita kemudian telanjur mengalami telat belajar, yang mengalami dampak menderita akibat merasa gagal adalah diri kita sendiri. Iya, kalau disekeliling masih ada sahabat-sahabat yang masih mau empati dan menemani, dampak dari telat belajar tidak menderita-menderita amat dirasa jadinya.

Hidup kita selalu dikelilingi oleh ketidaktahuan dan ketidakmampuan. Untunglah peradaban manusia mengenal kosakata ‘belajar’. Dan mengerti bahwa belajar adalah proses yang berkurikulum.