Mukadimah: KLINIK TAUHID

Mukadimah Juguran Syafaat Agustus 2019

Masjid megah mudah dijumpai dimana-mana hari ini. Di banyak acara, ceramah pengajian lumrah menjadi sisipan. Pun demikian dengan fenomena hijrah, kini menjadi tren yang begitu menyorot perhatian. Tugas selanjutnya adalah bagaimana menelisik kemajuan-kemajuan tersebut, agar jangan sampai menjadi sebatas peristiwa simbolik, melainkan menjadi peristiwa yang betul-betul kentara manfaatnya.

Kenapa tugas menelisik itu menjadi penting? Sebab sepertinya sebagai masyarakat kita tidak bergerak dari problematika yang begitu-begitu saja dari belasan tahun yang lalu. Duel identitas, tawuran narasi dan lain-lain sehingga meskipun Pancasila kita gembor-gemborkan setiap hari, tetapi Keadilan Sosial nampak masih jauh panggang dari api.

Menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut nampak tidak sesederhana menemukan rumusan metode sosial baru. Sebagai bangsa berketuhanan, masing-masing atau secara bersama-sama perlu menelisik sampai ke akar masalah, yakni bagaimana bentuk dialog batin dengan Tuhan yang menjadi motivasi dari seluruh tindakan dan keputusan kita.