Mukadimah: ANEKA BENAR

Mukadimah Juguran Syafaat Juli 2019

Sudah satu dekade lebih kita menikmati lonjakan kemajuan super hebat bernama teknologi informasi. Informasi tak lagi bisa diumpet-umpetin dengan mudah. Informasi tak lagi bisa dikuasai oleh segelintir orang saja. Tantangan yang mesti dihadapi kemudian adalah bagaimana memilah informasi yang benar dan informasi yang keliru.

Beberapa bulan terakhir ini anak Bangsa Indonesia telah melewati pengalaman seru. Bahkan bukan hanya challenge untuk memilah benar dan keliru, Melainkan memahami benar dengan segala gradasi, lapis-lapis dan liak-liuk argumentasinya. Mana yang benar sepenuhnya, mana yang benar tetapi di glorifikasi sedemikian rupa, mana yang benar kelihatannya saja sebab dibangun diatas narasi kepentingan tertentu, hingga mana yang sebenarnya benar tetapi harus disimpan dalam hati saja.

Teknologi informasi yang tersedia begitu canggih, tetapi teknologi kebenaran tetap harus kita jalankan dengan manual. Maka betapa pentingnya dihadirkan lebih banyak lagi orang-orang pembawa kebenaran. Tetapi sesungguhnya yang lebih penting keberadaannya adalah orang yang hadirnya mampu menciptakan suasana di mana berbuat benar itu nikmat.